Sabtu, 04 Februari 2017

Cara Naik MTR di Hongkong

Apa itu MTR? kalau kalian pernah mengunjungi Singapore pasti kalian tidak asing dengan MRT, kalau di hongkong MRT lebih dikenal dengan MTR atau singkatan dari Mass Transit Railway. MTR adalah salah satu moda transportasi pilihan sehari hari penduduk Hongkong ataupun wisatawan karena aksesnya mudah, murah, cepat dan efisien yang menjangkau hampir semua wilayah Hongkong.

taken from wikipedia
Stasiun MTR tersebar hampir diseluruh penjuru Hongkong, Kalian cukup mencari lambang seperti diatas, dari sana kalian bisa langsung mengakses MTR. Pentunjuk menuju keretanya sendiri juga mudah, kalau kalian bingung cukup mengekor dengan orang didepan kalian (tapi inget,jangan salah ngekorin orang ya). Sebaiknya saat kalian tiba di bandara Chep Lap Kok kalian langsung membeli kartu Octopus (harganya 150HKD, termasuk deposit 50HKD). sebelum masuk ke area kereta biasanya kalian harus melewati semacam gate. Disinilah kalian bisa menempelkan kartu Octopus.

pict taken from google
Pertama kali naik MTR rasanya agak spaneng, ngeliat orang berlalu lalang apalagi ngebaca peta MTR yang meliuk liuk nggak jelas. setelah beberapa kali naik, beuuhh rasanya mendadak songong seperti udah lama tinggal disana. yang perlu kalian perhatikan saat naik MTR kalian akan banyak naik dan turun tangga. Apabila kalian naik escalator lalu diam ditempat sebaiknya kalian ambil sebelah kanan, karena disebelah kiri itu khusus bagi yang naik escalator sambil jalan, itu sudah seperti silent rule dihongkong.

pict taken from google
ini adalah contoh map rute MTR di Hongkong. Beda warna artinya beda line, dan tanda ovale diatas berarti kalian bisa berganti jalur di stasiun tersebut. Kalau untuk keperluan wisata, kalian pasti akan sering menggunakan jalur Merah tua (area mongkok, TST dan sekitarnya), jalur Biru tua (area central, wanchai dan sekitarnya) dan jalur kuning (area tung chung dan menuju disneyland). yang perlu kalian perhatikan adalah exitnya. Jika kalian akan menuju suatu area, pastikan dimana area exit yang benar, karena jalur exit dari MTR banyakk.

baca baik-baik papan ini sebelum kalian exit
untuk menTOP-UP kartu octopus kalian, sangat mudah, bisa dilakukan di mesin yang hampir mirip seperti mesin atm setor tunai, pertama masukan kartu, lalu uangnya dan silakan tebak sendiri yang mana yang artinya YES, karena semua hurufnya kanji T_T tapi jangan khawatir, nggak akan sesusah yang kalian bayangkan.

pict taken from google
Silakan mencoba :)

1 komentar:

  1. Sy tidak tau apa ini cara kebetulan saja atau gimana. Yg jelas sy berani sumpah kalau ada ke bohongan sy sama sekali. Kebetulan saja buka internet dpt nomer ini +6282354640471 Awalnya memang sy takut hubungi nomer trsebut. Setelah baca-baca artikel nya. ada nama Mbah Suro katanya sih.. bisa bantu orang mengatasi semua masalah nya. baik jalan Pesugihan dana hibah maupun melalui anka nomer togel. Setelah sy telpon melalui whatsApp untuk dengar arahan nya. bukan jg larangan agama atau jalan sesat. Tergantung dari keyakinan dan kepercayaan saja. Syukur Alhamdulillah melalui bantuan beliau benar2 sudah terbukti sekarang.

    BalasHapus