Senin, 12 Desember 2016

Bali rasa thailand, Nusa penida 2 days 1 night (part 1)

Kenapa saya bilang Nusa Penida itu Bali rasa Thailand? Memangnya pernah ke Thailand? Belom sik  (Tepok jidat). Rasa ketertarikan kami akan penida itu muncul ketika saya tidak sengaja nemu foto laki-laki sedang selfie di Pantai Atuh. Fotonya yang sedang berdiri diatas tebing dengan pemandangan lepas laut dan Gugusan yang menyerupai pulau-pulau kecil dibelakangnya membuat kami terpesona dengan pemandangannya (bukan dengan mas-masnya, karena wajahnya samar). Sedikit demi sedikit lama lama jadi Ngiler karena saya dan teman-teman saya saling sharing foto-foto Instagram tentang Nuspen.

pict taken from google.com
Akhirnya hari yang dinanti pun tiba. kita berangkat pada akhir November. Agak deg degan juga karena mengingat Bali sering hujan akhir-akhir ini. tapi untungnya saat itu sedang terang benderang di area Sanur. Kita pun berangkat dengan Caspla Boat menuju Nusa Penida dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Sedikit tips dari saya, sebaiknya hindari memakai sepatu saat akan naik boat, karena dijamin RIBET sodara-sodara, karena kita naik dari pantai langsung ke boat tanpa tangga, lantai apung apalagi karpet merah.

ilustrasi naik boat dari  sanur. pict from google

Day 1 : Guyangan - Kelingking Beach - Broken Beach - Angel's Billabong - Crystal Bay


Guyangan Waterfall

Tujuan Pertama kami adalah Guyangan Waterfall. Menurut sumber terpercaya (mbah google) Guyangan ini adalah nama mata air di Nusa Penida yang selain menjadi objek wisata juga menjadi sumber air bersih di Nusa Penida. Karena melimpahnya mata air ini hingga tumpah sampai ke laut sehingga nampaklah dia seperti Air Terjun.

Mata Air Guyangan. Pict from Google

Semula kami kira si Mas-mas Driver bercanda saat bilang tangga disini jumlahnya seratus, dan ternyata dia memang bercanda karena jumlah tangga sesungguhnya adalah NYARIS SERIBU atau kira-kira 800AN anak tangga. WHAT???? kita jadi mikir duluan untuk turun ke bawah. yang bikin tambah jiper adalah kemiringan tangga yang sama sekali tidak bisa dikatakan landai.

kondisi tangga Guyangan. pict from google

Sebagian dari teman saya memutuskan untuk mencoba turun ke bawah, tapi akhirnya mereka menyerah saat ditengah-tengah. Sedangkan saya dan beberapa teman lain memutuskan diam diatas dengan pertimbangan kalau terjadi apa apa dibawah susah nggedong keatasnya. ;D. Bagi teman-teman yang penasaran mencoba turun kebawah sampai ke mata air, jangan lupa persiapkan stamina, jangan sampai pingsan ditangga. Dan jangan lupa jaga sikap dan perkataan, karena dibawah sana ada tempat persembahyangan yang suci bagi umat hindu. (hebat juga orang hindu ya, naik turun tangga ini pakai kain pulak).

Kelingking Beach

Kami pun melanjutkan perjalanan menuju spot berikutnya yaitu Kelingking Beach. Tapi jangan harap kalian bisa renang-renang cantik atau main pasir disini karena spot disini adalah TEBING. Entah kenapa dinamakan kelingking mungkin karena ada  pemandangan pulau yang unik yang dianggap mirip kelingking.


diatas tebing pantai kelingking

Selain pemandangan indah dari atas tebing, kalian bisa nyobain naik pohon hits disini. Jangan khawatir kalau kalian nggak bisa manjat, karena disediakan tangga. Jangan lupa minta tolong teman buat mindah-mindahin tangga yak. :D

pict from : lionmag.net

Broken Beach & Angel's Billabong

Nama lain dari Broken beach adalah Pasih Uug, pasih itu brati Pasir dan Uug itu berarti rusak. Sesuai namanya akses jalan menuju kesana pun lumayan rusak. sebenernya jalan di Nusa Penida itu 80% tidak beraspal dan medannya beyond my imagination alias lebih ngeri dari imajinasi saya. kalau kamu masih belajar naik sepeda motor, maka pesan saya Jangan coba-coba belajar disini.

Broken Beach with friends

Meskipun jalanannya yang cukup bikin hopeless kalau naik motor, tapi pemandangan yang kalian dapatkan juga fantastis. cukup worthed lah. Karena kami rata-rata korban Instagram, maka pengorbanan melewati jalanan rusak bukan masalah buat kami. Apa sih yang enggak buat foto.

sok-sok'an dipegangin pacar padahal minjem tangan temen sendiri
Jalan kira-kira 5 menitan dari sini maka kalian akan menemukan Angel's Billabong. Warning : awas hati-hati banyak ranjau darat (Tai Sapi) yang sekilas warnanya mirip mirip batu-batu karang.


Sebenernya kami mupeng banget turun ke bawah tapi apa daya, Mas- mas Driver memperingatkan kami karena sempat ada wisatawan yang hilang saat turun ke bawah, karena ombak laut yang unpredictable tiba-tiba meninggi dan menyapu saat mereka sedang asyik selfie dibawah. Maka hati-hatilah jika kalian nekat turun, atau sebaiknya tidak usah.

Crystal Bay

Menutup perjalanan hari pertama kami yang indah kami pun mengunjungi Crystal Bay. barulah disini kalian bisa main air sepuasnya. Crystal Bay disini termasuk sunset point. jadi pas banget kalau kalian sunsetan disini.

Crystal Beach Nusa Penida
Setelah puas menikmati jalan-jalan seharian kami pun melanjutkan Dinner bersama dan beristirahat di Hostel.


Happy Travelling
:D

2 komentar: