Jumat, 30 Desember 2016

Jalan-Jalan ke Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan

Kalau kalian pernah berlibur ke Bali sungguh belum lengkap jika kalian belum sampai menyebrang ke Nusa Lembongan dan Nusa Penida. Sebagai penghuni pulau Bali, saya sungguh beruntung karena kapan pun bisa berangkat (tapi teteeeep, tergantung waktu dan modal). Cara menuju Pulau ini bisa melalui pantai sanur. Di pantai sanur kalian bisa menemui banyak boat yang melayani penyebrangan ke Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Harga One way bagi wisatawan Lokal adalah kisaran IDR 75.000, kok mahal? 10.000 boleh? boleh kok! tapi turun ditengah jalan, sisanya lanjut renang sendiri. :D

tempat kami berlabuh, Jungut Batu Nusa Lembongan

Harga yang dipajang oleh pihak Boat rata-rata harga untuk wisatawan asing, saran saya lebih baik kalian datang sepagi mungkin dan survey kecil-kecilan disana untuk menego harga, semakin siang kalian datang semakin sedikit pilihan boat yang ada, semakin sedikit pilihan boat maka harga yang didapat juga kurang memuaskan. selain itu bila kalian datang terlalu siang maka waktu jalan-jalan dilembongan akan lebih sedikit dan hawanya pun semakin panas, karena Nusa Lembongan cukup gersang.

Setelah turun dari Boat, banyak yang mengerubuti kami, bukan karena mau minta tanda tangan tapi karena mau nawarin motor. Harga sewa motor disini tergantung seberapa pintar kalian Nego, tapi rata-rata kisaran 50.000-100.000 sehari include bensin. Jangan berharap ada angkot, dokar dan sejenisnya, mau tidak mau kalian harus menyewa motor untuk bisa menjelajahi pulau ini. Uniknya di pulau ini rata-rata sepeda motor tidak ada plat nomornya tanpa takut kena tilang karena disini nggak ada polantas. dan untungnya Jalan di Nusa Lembongan rata-rata masih oke, beda dengan kakaknya si Nusa Penida.

trio sulung in action

Terhitung sudah 2 kali saya ke pulau ini, kunjungan pertama hanya sehari tanpa menginap dengan daerah jelajah Nusa Lembongan dan ceningan. Kunjungan kedua kalinya saya menginap 1 malam dengan daerah jelajah hanya sebatas Nusa Lembongan karena waktu itu bertepatan dengan Upacara besar di Pura, sehingga akses jalan menuju ke nusa ceningan ditutup, kami sempat memakai jalan alternative yakni lewat pantai, dan jalannya benar-benar pasir pantai (yaiyalah, masak sawah), sampai motor kami stuck dijalan, bahkan bule-bule dibelakang kami saja kasian dan ikut mengangkat dan mendorong motor kami, Karena rasa kasian kami terhadap mas-mas bule yang mendorong motor kami (alasan, padahal ngeri sama jalannya) jadilah kami balik ke arah nusa lembongan. Untungnya saya sudah pernah ke Nusa ceningan, hehehe... jadilah teman teman saya yang lain hanya bisa menelan ludah mendengar cerita saya tentang nusa ceningan.

1. Jembatan Kuning (Yellow Bridge)

Dari Nusa Lembongan menuju Nusa Ceningan kalian akan melewati jembatan yang satu ini. Jembatan ini adalah salah satu spot yang paling laris untuk berfoto.

2. Nusa Ceningan

Nusa Ceningan ini adalah pulau yang paling kecil diantara Trio Nusa (Nusa Penida, Nusa Lembongan, Nusa Ceningan) jadi untuk menjelajahi Nusa Ceningan tidak dibutuhkan waktu yang lama.

lupa nama tempatnya. yang pasti tempatnya kece.
Di dekat kami banyak bule yang Jump Cliff lalu renang renang cantik dibawah
Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan ini memang surganya orang yang suka snorkelling, Diving, dan Jump Cliff. Apalah saya yang tidak bisa berenang dan malas nyebur ke air karena tidak suka basah dan ribet dengan atribut. Jadilah saya hanya melongo ngeliat bule yang santai banget terjun dari tebing, tapi ingat! jangan sembarangan loncat dari tebing ya, bahaya! ada spotnya sendiri.

Banyak spot yang bisa kalian jelajahi di Nusa Lembongan. Kami sempat melihat ada Underground House saat perjalanan ke Dream beach, karena tempatnya cukup sepi kami pun melanjutkan perjalanan. tips bagi yang ingin mampir ke underground house, kalau kalian wanita sebaiknya jangan sendirian karena spotnya lumayan sepi.

3. Dream Beach, Nusa Lembongan
Lanjut perjalanan kami pun menuju Dream Beach. Dream beach ini sukses bikin kami baper dan susah move on karena kecantikannya. Ada beberapa cara menikmati keindahan di pantai Dream beach yakni:
Cara 1 : Luxury ala bule banyak duit, nongkrong cantik di Cafe, menikmati minuman sambil renang di Pool, jadi kalian bisa menikmati keindahan dream beach dari pool atas.
Cara 2 : Hemat bermartabat,  Langsung turun ke beach, duduk di pasir pantai. Whatever we are backpacker!
Cara 3 : Korban Instagram kepepet , naik ke cafee, photo-photo cantik, ngeliat menu lalu pura-pura nerima telpon / hilang ingatan/ ketinggalan dompet lalu keluar cafe dan turun ke pantai.

Pemandangan dari atas
pemandangan dari bawah

4. Devil Tears

Dengan berat hati, kami pun mesti pisah dari dream beach, kira-kira 100 meteran sampailah kami di devil tears. Pemandangan yang nampak adalah pemandangan dari atas tebing dengan sapuan ombak yang memuncratkan air sampai ke atas tebing. bagi yang suka basah basahan, silahkan mendekat.

menanti ombak datang bagaikan menanti jodoh, musti sabar.
demi existensi, pantang pulang sebelum petang

Setelah seharian kami keluyuran, tibalah saatnya kami pulang ke penginapan. Kami menginap di Tarci Guest house, tidak jauh dari tempat kami bersandar. Harga per malam yang kita dapatkan adalah IDR 400.000 sudah include extra bed (karena kami bertiga), sarapan dan wifi. Menurut kami, harganya sudah cukup oke. Kami booking online lewat situs agoda.

pict from pegipegi.com
Yang asyik dari penginapan ini adalah restaurantnya yang berada didepan pantai pas. Jadilah kami Dinner romantis didepan pantai (sayangnya kami jomblo semua). Setelah kami dinner lalu kami pun minta air panas, biasa buat bikin pop mie (perut lokal memang nggak bisa bohong) yang aromanya sampe bikin mas bule sebelah kamar noleh saat lewat. :D. Walaupun harganya terbilang terjangkau menurut kami, anehnya cuman kami saja satu-satunya lokal disana. Bahkan ada yang nyeletuk saat kami mau sarapan, Itu si lokal mau sarapan.

sarapan didepan pantai, sayang pantainya nggak keliatan.

Setelah sarapan, jam 10.30 pagi kita langsung cek out, mengembalikan motor dan menunggu boat yang berangkat sekitar pukul 11 pagi.

Tips bagi yang ingin ke Nusa Lembongan dan Ceningan:

1. Kalau kalian takut dengan goncangan di speed boat sebaiknya pilih keberangkatan pagi / siang, karena semakin sore ombaknya semakin besar. Dan pilihlah tempat duduk di tengah, karena paling depan goncangannya paling keras.
  2. Persiapkan uang cash secukupnya karena sangat susah menemukan atm di nusa lembongan.