Jumat, 06 Januari 2017

Cara Mewujudkan Impian Travelling ke Luar Negeri

Mungkin sebagian orang berfikir buat apa jauh-jauh ke Luar negeri? toh di negara sendiri belum semua dijelajahi!. Memang ada benarnya, Tapi apabila kita juga bisa ke Luar negeri, maka tidak ada salahnya kan? bukan dengan sekedar niat 'pamer semata'. Ada nilai-nilai yang bisa kita dapatkan saat Travelling ke Luar Negeri. Mendatangi tempat yang sangat asing, melihat bagaimana budaya dan toleransi penduduk setempat, sensasi nyasar dan bertanya dengan orang yang sangat berbeda bahasanya denganmu akan memberikan kenangan tersendiri. Ini bukan hanya tentang "foto" tapi mendapatkan pemahaman dan nilai baru dari suatu tempat.

pict taken from : putujbolje.com

lantas bagaimana caranya? Bisakah kita ke Luar Negeri dengan budget seminim mungkin? berikut tips menghemat anggaran untuk travelling ke Luar negeri yang saya jalani dan sebagian saya rangkum dari beberapa artikel:

1. Tentukan Destinasimu Dan Mulai Menabung!
Dalam hal apapun, menentukan tujuan atau setting goal adalah mutlak, jika kita tidak menentukan destinasi maka biasanya kita akan berakhir ditempat yang tidak kita inginkan, maka sebaiknya tentukan Destinasimu dan mulai mencari tahu seberapa besar budget yang diperlukan yang akan sangat membantu penentuan anggaranmu. Apakah kamu ingin melihat menara Eiffel? Mengenakan hanbok di Nami island? Ataupun menikmati pantai di Maldives. Bayangkan kamu sudah berada di sana, simpan sensasi dan perasaan meluap-luap itu dalam hati dan jadikan dia bahan bakar untuk mewujudkan mimpimu. Pajang foto destinasi favoritmu agar mudah dilihat.

Jika sudah menetukan destinasi, maka mulailah menabung dan KOMITMENT. Ibarat sebuah hubungan, komitment itu penentu berhasil tidaknya kamu dalam menabung. Tidak perlu langsung banyak banyak! Jika kalian terbiasa beli jajan dan gorengan setiap hari yang menghabiskan kisaran 10ribu kenapa tidak kita masukkan saja dicelengan? Kalau kalian mau cara unik, bisa saja dengan mengikuti gerakan the power of 20ribu (tiap liat uang 20ribu langsung masukin celengan), lumayan lho hasilnya!

impian saya, memakai yukata di Kyoto, kalau kamu??
(pict taken from http://the.rainbowholic.me/kawaii/antique-jamboree-x-rainbow-ferris-wheel-x-tokyo-bay-fireworks-2015-in-odaiba/)

2. Cicil Biaya Perjalananmu, Dimulai dengan membeli tiket.

Setelah kita memiliki destinasi impian. Inilah saatnya hunting tiket. Membeli tiket adalah satu langkah rakasasa yang kita ambil, karena dengan membeli tiket sama dengan menentukan kapan kita akan mendatangi destinasi impian kita. Sebelum membeli tiket harap mencari tau waktu yang terbaik untuk datang ke destinasi tujuan, dan sangat disarankan untuk mengecek iklim, jangan sampai kita salah pilih waktu, misalnya pada musim badai, tentu ini menyangkut kenyamanan dan keamanan. Jika ingin mendapatkan tiket yang murah sebaiknya hindari Peak Season (Musim Ramai) jika beruntung kita bisa dapet tiket pesawat murah, namun perlu dicermati untuk biaya hotel dan lain-lainnya. (karena saat peak season harga hotel, tiket wahana dll bisa lebih mahal dan cenderung cepat sold out)

Sangat disarankan untuk mengunjungi Garuda Travel Fair karena jika kalian beruntung kalian bisa mendapatkan tiket murah dengan maskapai full board, maskapai lain full board lain yang lumayan sering mengadakan promo adalah Malaysia Airlines & Thai Airways, sebaiknya kalian gabung menjadi anggota agar kita menerima email pemberitahuan jika ada promosi. untuk pesawat full board sebaiknya kalian membeli langsung tiket pulang dan pergi karena sejauh pengamatan saya total harga paket pulang perginya relative lebih murah ketimbang kalian beli tiket pulang pergi secara terpisah, saran saya sebelum membeli ada baiknya membandingkan harga di mesin pencari seperti wego dan skyscanner.

Untuk tiket pesawat Low Cost biasanya yang sering promo terutama untuk tujuan Asia adalah maskapai Airasia, pilihan lainnya bisa dengan Tiger Airways dan Jetstar. Untuk pesawat Low cost, yang perlu diperhatikan adalah biasanya harga yang muncul di awal adalah harga Basic Farenya saja belum ditambah biaya bagasi, makan, tempat duduk & Asuransi yang mana jika ditotal mungkin hampir menyamai harga tiket pesawat Fullboard yang sedang promo. Jika kalian memang ingin benar-benar murah maka jangan membeli bagasi, makanan, tempat duduk dll, karena biasanya pesawat low cost membebaskan penumpangnya untuk hanya membeli tiketnya saja atau mengambil option lain (Note: untuk bagasi, terutama yang tujuannya jauh seperti jepang bisa menghabiskan 1juta bahkan lebih untuk bagasi pulang pergi, jadi hitung dengan cermat!). Dari pengalaman saya, jika kita membeli terpisah tiket pulang dan pergi dengan air asia biasanya harganya tidak jauh beda, tapi jika kalian membayar dengan kartu kredit maka harap dicermati biaya tambahan yang mungkin dibebankan oleh pihak bank seperti biaya cross border. jadi saran saya untuk efisiensinya lebih baik membeli tiket langsung Pulang Pergi.

3. Menyusun Itinerary dan prakiraan biaya.

Jika kalian memilih Travelling dengan bantuan travel Agent, maka itinerary biasanya akan langsung kalian dapatkan, maka kalian hanya tinggal menyiapkan apa-apa yang tidak termasuk dalam paket tour. Jika kalian memutuskan Travelling tanpa melalui travel Agent, maka Percayalah itinerary itu sangat penting! Itinerary itu ibarat daftar menu disebuah restaurant, semakin sedikit waktu dan anggaran yang kalian miliki maka semakin kedetailan itinerary itu diperlukan.

Bagi traveller on budget sebaiknya hindari tempat wisata dengan biaya tiket yang mahal, Banyak banyaklah membaca pengalaman orang yang sudah pernah Travelling ke destinasi yang kamu pilih, maka kamu akan mendapati tidak sedikit tempat wisata yang menarik tapi tidak menguras kantong. Siapa bilang tempat wisata yang murah itu tidak menarik? Justru rata-rata tempat wisata yang murah itu adalah wisata outdoor yang mendekatkanmu dengan alam.




Untuk masalah Prakiraan biaya, jangan lupa untuk mengantisipasi perubahan kurs mata uang. Sebaiknya membawa uang cadangan dan kartu kredit/debit untuk berjaga jaga. hitung dengan cermat pengeluaran seperti biaya transportasi, entrace free, konsumsi, belanja oleh-oleh dan sebagainya.

4. Booking Hotel

Jika urusan itinerary sudah siap maka akan lebih mudah untuk memilih hotel. Hal yang juga harus dicermati adalah biaya transportasi, jika biaya transportasi mahal, maka sebaiknya kalian memilih beberapa hotel yang dekat dengan spot wisata yang kalian tuju.

Untuk tempat menginap, sebenarnya tergantung kenyamanan masing masing, apakah kalian tipikal orang yang suka bersantai di hotel? atau hotel cuman sekadar tempat tidur? jika kenyamanan bukan prioritas kalian, sebaiknya memilih hostel atau dorm. Banyak-banyaklah membaca review hotel/hostel sebelum kalian memutuskan untuk membooking dan pastikan tempatnya aman jika kalian solo traveller terutama wanita.

Untuk booking hotel dijaman sekarang tidaklah susah. bisa melalui situs agoda, booking.com, Airbnb. Jika kalian ingin menginap gratis, mungkin bisa dicoba dengan membuka situs couchsurfing.com.

5. Persiapan Sebelum Berangkat.

Apa saja yang perlu dibawa? yang penting tentunya document seperti Passport, Visa, Tiket Pesawat, voucher hotel, Kartu kredit untuk jaga-jaga dan tentunya UANG. untuk penukaran uang sebaiknya dilakukan di money changer resmi, tidak disarankan menukar uang di money changer bandara karena biasanya ratenya kurang bagus. kalau tiket kalian mengharuskan kalian transit di suatu negara, maka sebaiknya kalian juga menyiapkan sedikit uang yang berlaku di negara tempat kalian transit untuk uang jaga-jaga dan konsumsi. karena dari pengalaman saya, biasanya kalian pasti kelaparan dan kehausan.

Untuk printilan berupa barang-barang dan baju kembali ke pribadi masing-masing. saran saya sih, jangan terlalu banyak membawa barang. karena kalian PASTI BELANJA. Dari pengalaman pribadi, saya sebenarnya tidak niat belanja sama sekali, tapi ternyata kegoda juga karena kebiasaan orang indonesia yg suka belanja oleh-oleh dan dititipin oleh oleh.

Sekian dari saya, semoga informasinya berguna.

Happy Travelling :)

0 komentar:

Posting Komentar