Kamis, 17 November 2016

ITINERARY HONGKONG 6 DAYS 5 NIGHTS DAN TOTAL ESTIMASI BIAYA

Bagi teman-teman sekalian yang berencana akan ke Hongkong, semoga artikel ini membantu. Ini adalah contoh itinerary perjalanan saya selama berada di hongkong tanggal 12-maret – 17 maret 2016:

Tiket Pesawat:
Untuk urusan tiket pesawat, saya spontan membeli saat ada promoan dari airasia, karena ini tiket promo maka biasanya semakin lama waktu tunggu semakin murah, jadi saya sudah membooking tiket pesawat ini kurang lebih hampir setahun dari Hari H keberangkatan, saya membeli tiket PP Denpasar – Hongkong ini seharga IDR 2.341.000 sudah dengan travel insurance dan bagasi 15kg share dengan teman. Bagi kalian yang tinggal di Jakarta atau sekitarnya pasti lebih mudah mendapatkan tiket yang lebih murah.

Hotel:
Untuk urusan yang satu ini saya akui memang Hongkong mahal, T_T untuk mengantisipasi mahalnya harga hotel di hongkong, kalian bisa memilih youth hostel, saya memilih kamar dorm yang isinya 6 orang (female dorm) saya merogoh kocek kurang lebih 350.000 semalam, karena saya menginap 4 malam maka kurang lebih saya membayar 1.400.000 saya menginap di Urban pack yang terletak di tsim tsha tshui

Untuk itinerary dan gambaran biaya kurang lebih sebagai berikut:

12-maret-2016
Berangkat dengan flight malam dari DPS menuju KUL untuk transit, karena waktu transit kurang lebih 6 jam maka kita pun harus rela tidur di bandara sambil menunggu flight berikutnya

13-maret-2016
Pesawat landed di chep lap kok kurang lebih jam 10.15 pagi, perjalanan keluar dari pesawat menuju exit bandara lumayan panjang ditambah dengan drama peristiwa kesialan yang kita alami karena kehilangan backpack membuat kita semakin lama berada di dalam bandara, kurang lebih pada jam 14.00 kita tiba di Hostel, check in, mandi, lunch istirahat.
Malamnya kita diajak keliling area tsim tsha tshui memasuki sebuah mall besar yang saya lupa namanya, yang pasti saya bakalan nyasar kalo keliling disini sendirian, hehehe.. untunglah rekan saya memiliki teman orang hongkong yang pandai bahasa Indonesia yang dengan senang hati mengajak kami berkeliling sambil menunggu pertunjukan Symphony of Lights. Sayangnya sepanjang perjalanan hujan, dan karena udara dingin ada sedikit kabut. However kami sangat menikmati pemandangan malam ini

14-maret-2016
Inilah saatnya perjalanan mandiri kami dimulai, berbekal dengan ajaran cara naik MTR dari koko Patrick kami pun memberanikan diri berangkat menuju Po Lin Monastery alias Big Budha, sayangnya ketika kami kesana Cable Car sedang renovasi, Hiks T_T padahal saya sudah membayangkan perjalanan melayang layang diatas gunung, apa boleh buat, kami pun menggunakan Bus untuk menuju  Po Lin Monastery. Kami pun menghabiskan waktu berfoto foto ria dan menikmati lunch di restoran vegetarian di area Po Lin Monastery ini. Malamnya kami berjalan-jalan diarea Temple Street.

15-maret-2016
Setelah breakfast singkat di Mcd, kami pun berangkat menuju The peak, mencari jalan menuju The peak gampang gampang susah, kami sempat beristirahat sambil menguji insting di taman, tapi akhirnya kami berhasil menemukan gedung yang kami cari. Untuk tiketnya terdapat beberapa pilihan, kalian bisa membeli terpisah untuk tiket the peak dan Madamme Tussaud, karena kami ogah ribet maka kami pun langsung membeli yang combo kurang lebih seharga 250HKD per person, antreannya pun berbeda dengan loket yang membeli tiket secara terpisah, entah kenapa, mungkin providernya beda :D. Setelah naik Tram menuju puncak makan kami pun langsung menuju Maddame Tussaud untuk berfoto ria.

Dan kami pun lanjut menuju Sky Terrace, dimana terlihat jelas pemandangan gedung gedung pencakar Hongkong, sebenarnya kalau malam pasti lebih spektakuler pemandangannya

Kami tidak sengaja menemukan artikel bahwa di Victoria Park sedang ada Festival bunga, maka dengan sisa tenaga yang ada setelah puas berfoto di Sky terrace kamipun meluncur menuju Victoria Park,

16-maret-2016
Waktu kami lebih banyak digunakan untuk istirahat, selain karena tenaga yang cukup terkuras habis, uangpun juga mulai menipis :D jadi kamipun focus untuk berburu oleh oleh. untuk mencari cemilan, teman kami merekomendasikan AEON yang tidak jauh dari hostel kami menginap, FYI di Hongkong kami susah menemukan makanan atau barang yang brandnya dari hongkong, kami justru menemukan barang barang jepang dan korea yang bertebaran disini, bahkan di mini marketnya pun makanan ringan yang dijual juga tulisannya jepang, dan jangan kaget ketika kalian berbelanja di Ladies Market pun, barang barang yang dijual kebanyakan brand dari Korea atau Jepang, ternyata orang-orang Hongkong memang menyukai barang barang dari Jepang, That is why…

karena penasaran dengan dim sum halal, maka kami pun memutuskan mencari Islamic Center, tapi sayangnya saat sudah berada disana ternyata Dim Sum sudah tidak bisa dipesan karena sudah lewat jam dan mungkin juga karena sudah habis, jadilah kami hanya memesan masakan cina.

17-maret-2016
Tidak terasa kamipun harus pulang, rasanya berat dan tidak rela kembali pada kenyataan :D setelah breakfast di restaurant Macau dekat hostel kami pun menuju halte pemberhentian Bis dan berangkat menuju Hongkong. Dan ternyata karena oleh oleh kami, bagasi kami ternyata kelebihan 5KG, tapi staff Air Asia hongkong memang baik hati, dia sama sekali tidak meminta charge kelebihan bagasi.

Total Biaya yang dihabiskan:

TIKET 250hkd*1750                                437,500
SHOPPING   500hkd*1750                                875,000
TOTAL                             7,103,500

Apakah bisa dihemat lagi? tentu saja bisa, apalagi kalau kalian bisa mendapatkan tiket yang lebih murah, penginapan yang lebih murah, belanja sekedarnya saja (kalau tahan godaan sih, tadinya saya juga nggak niat belanja)