Selasa, 13 Desember 2016

Main ke Bali : Bosan ke pantai? ke sawah yuk!

Bagi kalian yang sudah pernah ke Bali dan berpendapat kalau Bali itu surganya pantai, kalian memang benar alias tidak salah. Tapi kalau kalian bilang Bali itu isinya pantai semua maka kalian salah, yaiyalah kalau pantai semua, Pulaunya mana? orangnya tinggal dimana? :D. Bali itu isinya tidak melulu pantai, coba ketengah sedikit dan kalian akan menemukan spot spot yang baru.

Bali itu surganya wisata, dari segala aspek, apapun bisa jadi wisata disini termasuk sawah. Iya sawah, alias nama kerennya Rice Field. Emang ada yang mau ke sawah? Jangan salah, rata rata turis disini tertarik ke sawah atau nama kerennya Rice Field. tapi bukan sembarang Rice Field yang bisa jadi ikon wisata. kalau di Bali yang paling terkenal itu namanya Tegalalang Rice Terrace. Alias sawah berundak undak di Tegalalang. Seperti inilah penampakannya :

pict taken from google.com

Tegalalang ini letaknya di Ubud, kira kira butuh waktu sekitar 90 menit naik motor dari daerah Denpasar dan sekitarnya. Tidak susah menemukan tempat ini, karena ada di pinggir jalan. jika kalian menemukan banyak toko berjejer, orang orang berjalan jalan dan pemandangan sawah yang tidak biasa. maka kalian sudah sampai. kalian bisa langsung turun melalui tangga berundak yang berada di dekat toko suvenir.



Waktu terbaik untuk datang ke tegalalang adalah saat sebelum masa panen karena akan nampak pemandangan padi padi yang menguning. Perkiraan masa panen adalah mei-juli. Tidak disarankan datang saat musim hujan (akhir November - awal Januari) karena jalanan akan becek dan licin.



Menyusuri sawah di Tegalalang itu gampang gampang susah. kalau kalian pecinta trekking maka Medan Tegalalang itu kecil. saya lihat sendiri Kakek bule yang sudah uzur semangat semangat aja mendaki di sawah, mukanya nggak keliatan kelelahan sama sekali. tapi kalo kalian nggak biasa olahraga, setiap hari kerjanya duduk Dikantor seperti saya, menyusuri full sawah ini mulai dari starting point sampai finish point membuat saya berkunang- kunang. Untung nggak pingsan di sawah. :D tapi jangan khawatir, karena menyusuri sawah disini bisa dilakukan dengan santai dan sambil menikmati pemandangan dan berfoto ria, maka tidak terasa kalian sudah sampai di finish point.


Sampai di finish point, kalian akan disambut oleh kafe. tempatnya enak, pas banget kalau lagi capek dan terengah-engah gini. pasti kehausan dan kelaparan. Tapi harga di kafe ini tidak ramah buat kantong backpaker. Seporsi gado-gado harganya 45.000. Tapi pemandangan di kafe ini lumayan juga.

menu restauran teras padi. pict from google


pict from google



0 komentar:

Posting Komentar